1. Protein

Protein dikenal sebagai zat pembangun sehingga merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Protein berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Makanan tinggi protein sangat banyak dan mudah ditemukan, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial omega 3 dapat membantu menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut. Asam lemak juga membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut berkilau. Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond; ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden; alpukat; dan bayam merupakan sumber asam lemak omega-3.

3. MSM (Metil Sulfonyl Metana)

Metil Sulfonyl Metana dapat membantu memproduksi keratin (protein rambut). Keratin inilah yang membantu memperkuat rambut. Sebuah studi menemukan, orang yang memakai MSM mengalami pengurangan rambut rontok dan peningkatan pertumbuhan rambut hanya dalam waktu enam bulan. Susu, tomat dan jagung merupakan beberapa contoh bahan makanan yang mengandung MSM.

4. Vitamin B-kompleks

Vitamin B termasuk biotin (vitamin B7) dan vitamin B6 dapat mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Vitamin B5 atau asam pantotenat juga dapat mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut. Vitamin B-kompleks dapat ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, apel, bayam, kubis, brokoli, asparagus, kembang kol, selain itu juga ditemukan pada daging, seafood, kacang-kacangan, telur, dan produk susu. Mengonsumsi 100 mg suplemen vitamin B-kompleks per hari dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tersebut.

5. Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang merupakan elemen penting dari rambut. Vitamin C juga berguna untuk mencegah rambut patah. Makanan sumber vitamin C, antara lain buah jeruk, jambu biji, stroberi, bayam, dan paprika merah. Mengonsumsi 250 mg Vitamin C per hari dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

6. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan rambut. Vitamin E membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak keratin untuk menghentikan kerusakan rambut. Menambahkan 400 IU vitamin E dalam asupan Anda sehari-hari dapat membuat rambut Anda cepat panjang dan berkilau. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

7. Zat besi

Zat besi merupakan unsur penting untuk rambut. Rambut rontok dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi. Penelitian menunjukkan kadar feritin (protein yang menunjukkan jumlah total cadangan besi dalam tubuh) mungkin rendah pada wanita dengan rambut rontok. Zat besi terkandung dalam sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mede, buah-buahan kering, daging, unggas, sereal dan pasta yang telah difortifikasi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi jika memang sangat kekurangan, tetapi setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

Author admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *